Presiden Jokowi Target Sentul Jadi Sirkuit MotoGP 2021

by ,

Jelang turnamen olahraga tertinggi di benua Asia, Asian Games 2018 yang bakal berlangsung di Indonesia pada tahun 2018 ini, pembangunan infrastruktur olahraga Bandar togel hongkong memang begitu luar biasa. Dengan Jakarta dan Palembang yang jadi tuan rumah, ada banyak sekali pembangunan yang diburu oleh INASGOC. Namun lepas dari persiapan Asian Games 2018 yang makin maksimal, Presiden Jokowi justru melirik kemungkinan sirkuit Sentul bisa jadi tuan rumah MotoGP 2021.

 

Hal ini diungkapkan Jokowi saat mengunjungi Sentul bersama pasangan ayah-anak yang juga pebalap nasional, Tinton Suprapto dan Ananda Mikola. Kedatangan Jokowi hari Selasa (6/3) kemarin ke Sentul rupanya dimanfaatkan Tinton dan Ananda yang meminta restu mengajukan Sentul sebagai tuan rumah MotoGP tahun 2020 atau 2021, seperti dilansir Detiksport.

 

“Tadi saya dengan pak Tinton dan Ananda Mikola di Sirkuit Sentul dalam rangka persiapan MotoGP. Saya sampaikan, silakan, pemerintah mendukung. Karena ini bagus sekali, olahraga otomotif. Karena kita tahu, pasar sepeda motor sangat besar sekali. Saya kira sebuah industri pariwisata ya. Saya harap tadi pak Tinton dan Ananda Mikola ya segera dimulai agar 2021 ada MotoGP. Nanti pembiayaan sirkuit dari pihak swasta ya,” jelas Jokowi.

 

Sentul Pernah Batal Jadi Tuan Rumah MotoGP 2017

 

Keinginan Indonesia mengajukan Sentul sebagai tuan rumah MotoGP sebetulnya sudah pernah terjadi. Bahkan Sentul sempat menargetkan bisa menggelar MotoGP di tahun 2017 yang terpaksa batal karena kalah cepat dari Thailand. Di mana Thailand sudah menempatkan sirkuit Buriram sebagai tuan rumah ajang balap motor paling bergengsi di dunia itu.

 

Selain kalah cepat dari Thailand, saat itu Dorna Sports selaku operator MotoGP memang menyebut jika sirkuit Sentul tidak memenuhi syarat untuk jadi tuan rumah. Kala itu Sadikin Aksa di tahun 2016 selaku Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) sempat menyebut kalau sebetulnya Sentul tinggal direnovasi saja untuk memenuhi syarat jadi tuan rumah MotoGP.

 

Sirkuit Jakabaring Didorong Jadi Tuan Rumah MotoGP 2019

 

Jika Tinton selaku pengelola sirkuit Sentul baru saja meminta izin ke Jokowi, sirkuir Jakabaring di Palembang, Sumatera Selatan justru dipandang lebih siap jadi tuan rumah MotoGP. Alex Noerdin selaku Gubernur Sumsel tampak cukup optimis kalau Jakabaring bisa jadi lokasi penyelenggaraan MotoGP musim 2019 mendatang.

 

Demi mewujudkan ambisinya, Alex menggandeng Hermann Tilke, perancang sirkuit balap kenamaan kelas dunia. Tilke pun akhirnya secara realistis menjelaskan kalau baru pada tahun 2019 nanti sirkuit Jakabaring bisa menggelar MotoGP. “Tahun 2019 itu realistis. Apakah pada akhirnya digelar tahun 2019 atau 2020, saya tak bisa menjawabnya. Tapi dari sisi kami sebagai pembangun, 2019 itu realistis. Keseluruhan sirkuit dibangun dengan buru-buru tapi di 2019, keseluruhan instrumen akan siap untuk digunakan,” jelas Tilke saat diwawancara Speedweek.

 

Penjelasan Tilke ini jelas sejalan dengan ambisi Alex yang usai menjadikan Palembang sebagai tuan rumah Asian Games 2018 bersama Jakarta, akan membawa Sumatera Selatan sebagai tuan rumah ajang olahraga internasional lain. Karena memang demi persiapan Asian Games, Palembang melakukan pembangunan besar-besaran hingga memunculkan pusat olahraga baru di kawasan Jakabaring yang benar-benar modern.

 

Bukan hanya memajukan pembangunan pusat olarahaga, Palembang rupanya berbenah diri dengan memperbaiki seluruh infrastruktur demi menunjang Asian Games 2018. Salah satunya adalah keberadaan transportasi modern seperti jalan-jalan tol hingga akses kereta cepat untuk memudahkan ribuan atlet tingkat Asia yang akan tiba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *